Google Website Translator Gadget

Rabu, 24 Agustus 2011

Ventrikel dan Atrium Jantung


          Jantung/cor merupakan organ yang sangat unik, berbentuk conus. Bagian atas disebut basis dan bagian bawah yang meruncing disebut apex (Selanjutnya disebut apex cordis)
Jantung terbagi atas beberapa ruang (jika dilakukan pembelahan) yaitu ventrikel atau bilik dan atrium atau serambi.
Ventrikel dibagi menjadi ventrikel kanan/dextra dan kiri atau sinistra.
Demikian juga atrium dibagi menjadi atrium dextra dan atrium sinistra
Antara atrium dextra dan atrium sinistra dipisahkan oleh sekat disebut septum interatrioale
Antara ventrikel dextra dan ventrikel sinistra dipisahkan oleh septum interventrioale

          Otot jantung terdiri dari 3 macam, yaitu : otot atrium, otot ventrikel, otot khusus yaitu eksitatori dan konduktif.
Otot atrium dan otot ventrikel berkontraksi seperti otot skelet. Nampak bergaris-garis melintang dan tersusun atas aktin dan myosin.
Otot yang bersifat khusus berfungsi sebagai system perangsangan jantung.
Serabut otot jantung satu sama lain dihubungkan oleh diskus interkalatus sehingga merupakan kesatuan/sinisitium. Jika ada implus timbul pada satu bagian jantung akan menyebar ke seluruh otot jantung sehingga jantung berkontraksi sebagai satu kesatuan. (Hukum All or nothing)

ATRIUM DEXTRA
          Atrium dextra terletak di atas kanan, merupakan tempat masuknya vena cava superior dan inferior. Vena cava superior merupakan pembuluh darah balik yang membawa darah kotor dari daerah kepala, leher dan sebagian dada. Vena cava inferior membawa darah kotor dari bagian abdomen dan ekstermitas inferior. Otot pada atrium dextra berkontraksi lemah karena hanya akan memompakan darah dari atrium ke ventrikel melalui sekat. Antara atrium dextra dan ventrikel dextra terdapat sekat yang berupa pintu dengan 3 daun pintu yaitu disebut valvula atrioventrikularis dextra atau valvula tricuspidalis.

VENTRIKEL DEXTRA
          Ventrikel dextra atau bilik kanan, menerima darah kotor dari atrium dextra melalui katup tricuspidal. Pembuluh darah yang keluar dari ventrikel dextra adalah  arteria pulmonalis. Pada ventrikel dextra terdapat pintu keluar yang disebut valvula pulmonalis.

ATRIUM SINISTRA
          Atrium sinistra atau serambi kiri, menerima darah bersih dari paru-paru atau pulmo. Pembuluh darah yang masuk ke atrium sinistra adalah vena pulmonalis. Otot atrium sinistra berkontraksi lemah untuk memompa darah ke ventrikel sinistra. Darah dari atrium sinistra akan dipompakan masuk ventrikel sinistra melalui katup dengan 2 daun disebut valvula atrioventrikulare atau valvula mitralis. Atrium sinistra menerima darah bersih dari pulmo.

VENTRIKEL SINISTRA
          Ventrikel sinistra/bilik kiri, menerima darah dari atrium sinistra melalui katup mitral. Otot ventrikel berkontraksi kuat untuk memompakan darah ke seluruh tubuh melalui aortae. Pintu keluar ventrikel sinistra adalah katup aortae.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2011 Life, Healthy n Love. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates WP by Wpthemescreator