Google Website Translator Gadget

Rabu, 24 Agustus 2011

Teori Sel


1.Robert Hooke
Penemu sel pertama kali pada sel gabus (Querous super), berupa sel mati berbentuk polygonal, terlihat sebagai petak-petak kecil.

2.Mathias Schleiden dan Theodor Schwann. Pelopor teori sel.
Menyatakan : Sel sebagai kesatuan structural. Maksudnya adalah makhluk hidup tersusun dari beberapa organ dan tiap organ tersusun atas jaringan, dan tiap jaringan tersusun oleh sel. Jadi sel merupakan kesatuan structural.

3.Robert Brown
Seorang berkebangsaan skotlandia penemu nucleus pada tanaman anggrek. Selanjutnya ternyata nucleus ini merupakan bagian penting dari sel hidup, karena ternyata juga ditemukan di sel-sel yang lainnya.

4.Felix Durjadin
Menyatakan bagian terpenting dalam sel itu adalah cairan di dalam selnya.

5.Johanes Purkinje
Ahli fisiologi Bohemia, mengemukakan tentang istilah protoplasma pada cairan bahan embrional dalam telur.

6.Max Schultze
Ahli anatomi menyatakan : sel sebagai kesatuan fungsional. Karena semua kegiatan hidup seperti metabolism, ekskresi, dan sintesis terjadi di dalam sel. Jadi yang paling berperan dari dalam tubuh adalah kegiatan sel.

7.Rudolf Virchow
Omne cellula ex cellula. Sel adalah kesatuan reproduksi, artinya setiap sel berasal dari sel, karena sel merupakan hasil reproduksi dari sel lagi. Maka kesatuan terkecil dalam reproduksi adalah sel.

8.Rene Dutrochet
Sel sebagai kesatuan pertumbuhan. Ia menyatakan bahwa suatu makhluk hidup dikatakan tumbuh apabila ada pertambahan volume tubuh. Penambahan volume tubuh tersebut disebabkan karena pertambahan volume sel dan pertambahan jumlah sel.

9.Edmund B Wilson
Sel sebagai kesatuan hereditas (penurunan sifat). Artinya sifat keturunan terdapat pada kromosom, dan kromosom terdapat di dalam inti sel. Inti sel pada sel kelamin adalah spermatozoa dan ovum.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2011 Life, Healthy n Love. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates WP by Wpthemescreator