Google Website Translator Gadget

Minggu, 14 Agustus 2011

Tips sehat : Menghambat osteoporosis (kekeroposan tulang)


          Kedatangan osteoporosis memang tidak dapat dicegah namun bisa ditunda. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghambat datangnya pengeroposan tulang lebih awal:

1.Konsumsi cukup kalsium
          Salah satu sumber kalsium yang cukup baik adalah susu. 2 gelas susu sehari sudah dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium. Dari 2 gelas susu (500 ml) akan diperoleh 1250 mg kalsium. Perolehan kalsium tersebut sudah melebihi kebutuhan kalsium orang dewasa yaitu 800-1000 mg/hari. Sumber kalsium lainnya adalah ikan, daging, unggas, telur, sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan.

2.Hati-hati terhadap obat
          Beberapa jenis obat ternyata dapat mengganggu kinerja tulang. Salah satu contohnya adalah obat kortikosteroid yang dapat menekan kerja hormone pengatur pembentukan tulang. Contoh lain adalah antasida, obat pencahar, cholestriamine, obat diuretic, antigout dan beberapa jenis obat antirematik. Obat-obatan tersebut memiliki efek mengganggu penyerapan kalsium.

3.Batasi garam
          Garam dapur (NaCl) dan klorida (Cl). Konsumsi Natrium (sodium) yang berlebih, baik yang berasal dari garam dapur maupun monosodium glutamate (MSG) dan berdampak buruk terhadap kesehatan. Selain memiliki efek hipertensi, natrium juga berpotensi untuk menghilangkan kalsium dari tubuh.

4.Rutin berolahraga
          Penurunan aktivitas fisik pada usia lanjut dapat menurunkan masa tulang. Oleh karena itu berolahraga aktif secara rutin merupakan bentuk antisipasi terhadap penurunan masa tulang. Waktu berolahraga disarankan 20-40 menit per latihan, sedangkan untuk frekuensi idealnya adalah 3-4 hari per minggu.

5.Cukupi konsumsi vitamin D
          Vitamin D diketahui mampu memelihara kesehatan tulang dengan cara meningkatkan penyerapan kalsium dari sistem pencernaan, serta mengurangi pembuangannya dari ginjal. Vitamin D akan menjadi aktif dan berfungsi apabila terpapar sinar matahari pagi yang banyak mengandung ultraviolet. Terpapar sinar matahari sekitar 20 menit per hari, minimal 3 kali seminggu sudah cukup untuk membantu produksi vitamin D.

6.Hindari minum kopi secara berlebihan
          Karena dapat mengeluarkan kalsium secara berlebihan. Kurangi juga soft drink (minuman ringan) karena dapat menghambat penyerapan kalsium.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2011 Life, Healthy n Love. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates WP by Wpthemescreator