Google Website Translator Gadget

Minggu, 07 Agustus 2011

Komponis dan ahli musik dunia (I)




          Johann S.Bach

          Nama lengkapnya Johann Sebastian Bach, lahir 1685 dari sebuah keluarga musikus di Jerman. Dia komponis paling terkenal sepanjang jaman. Bermula dari pemain organ di sebuah gereja, yang berhasil mengubah prelude (bagian pembukaan) organ dan fugues (bagian yang digubah agar menjadi kontras). Kemudian ia dikukuhkan menjadi musikus di istana Cothen. Sebagai pemain organ di Leipzig, ia menggubah music gereja. Di antaranya St.Matthew dan St.John Passions, dan “Mass in B minor”.  Ketiga anaknya juga mengikuti jejaknya sebagai musikus terkenal. Mereka adalah Wilhelm Friedman, Carl Phillip Emanuel, dan Johann Christian.


          
George Frederick Handel
          George Frederick Handel lahir di Jerman tahun 1685, kemudian menetap di Inggris pada tahun 1771. Sebagai komponis opera terkenal dengan oratorio (gubahan lagu untuk nyanyian dan orkes) biasanya bersifat keagamaan. Karya terkenalnya adalah Israel di Mesir, Samson, dan Judas Maccabeus. Karya-karyanya perpaduan antara gaya Jerman, Itali dan Inggris. Ketika itu Raja George I berkuasa, Handel tidak disukai karena meninggalkan Jerman. Tetapi kemudian dia diampuni setelah berhasil mengubah “Musik Air” yang termasyur itu untuk pesta air kerajaan di atas sungai Thames, London.

  
       Joseph Hydn
Add caption
          Joseph Hydn lahir di Wina tahun 1732, Austria dari keluarga kurang mampu. Berawal dari kesenangannya pada music sejak kecil, lalu menjadi anggota sebuah paduan suara Gereja di Wina. Ketika remaja ikut bermain grup band keliling, mengajar music dan mengubah lagu. Dia juga berhasil mengubah lagu kebangsaan untuk negaranya sendiri.
          Ia diangkat menjadi pemimpin music orkes pada keluarga kaya raya Esterhazy pada tahun 1761. Dari sinilah makin banyak karya-karyanya mengalir deras. Lebih dari seratus symphony maupun opera ia ciptakan. Diantaranya oratorio “penciptaan” dan “musim-musim”. Pada masa sesudahnya karya-karya Haydn banyak ditiru dan sumber inspirasi bagi komponis dunia lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2011 Life, Healthy n Love. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates WP by Wpthemescreator