Google Website Translator Gadget

Kamis, 21 Juli 2011

Emosi Harus Stabil Agar Tidak Stress

Secara umum, manusia dikaruniai 5 emosi dasar yaitu marah, sedih, takut, gembira dan bimbang. Masing-masing emosi ini memainkan fungsinya misalnya marah, diperlukan tubuh agar lebih bisa waspada.

Contoh lain adalah emosi bahagia yang dapat meningkatkan produksi neurotransmitteryang berbeda. Neurotransmitter tersebut seperti gaba, serotonin dan dopamine yang dapat meningkatkan mood baik.

Sehingga bila tak dikelola dengan baik, emosi-emosi yang timbul sebagai respons terhadap rangsangan dari luar tubuh bisa menimbulkan stress. Stress memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol dan adrenalin. Dalam dosis kecil, kortisol sangat bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan dan ketahanan tubuh, akan tetapi bila produksi kortisol tinggi akan meningkatkan stress yang bisa mengakibatkan peradangan pada tubuh. Peradangan ini dipercaya merupakan factor yang berperan dalam meningkatkan munculnya berbagai macam penyakit.

Rasa takut dan panic yang terus-menerus akan mengganggu kerja ginjal dan energy (qi) ginjal.
Masalah kesehatan yang muncul meliputi : neurosis atau ketidakseimbangan imunitas (daya tahan).

Marah dan dendam dapat menyebabkan kondisi liver atau hati menjadi panas akibatnya terjadi defisiensi energy liver yang bisa berujung pada pembengkakan hati. Sirkulasi darah terhambat sehingga rentan mengalami hipertensi, sesak napas, sakit dada dan insomnia.
Tak heran mereka yang kerap dikuasai emosi marah juga lebih beresiko mengalami stoke.

Sementara seseorang dengan emosi cemas dan bimbang yang berlebiahan atau overthinking, biasanya mengalami ketidakseimbangan energy limpa. Hal ini berkaitan dengan gangguan mual, kembung, asam lambung, konstipasi dan diare. Cairan tubuh sering tertahan sehingga menyebabkan kegemukan dan perut membesar. Gangguan lain juga bisa terjadi pada system hormone dan sirkulasi darah, serta gangguan pada area jantung yaitu dada terasa berat dan sering merasa sesak.

Kita memang perlu sedikit tekanan serta tantangan untuk mempertahankan kewaspadaan serta meningkatkan motivasi.
Namun demikian, stress yang terlalu besar sangat berhubungan dengan berkembangnya berbagai penyakit….

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2011 Life, Healthy n Love. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates WP by Wpthemescreator