Google Website Translator Gadget

Jumat, 12 Agustus 2011

Tips Sehat : Pola Makan Sehat Hindari Kegemukan

          Tubuh yang tambun atau terlalu subur akan membuat si pemiliknya menjadi sulit bergerak hingga aktivitasnya terganggu. Kegemukan (obesitas) akan menimbulkan hilangnya rasa percaya diri karena penampilan menjadi tak lagi menarik di mata orang lain.

          Nah… untuk mengatasi masalah kegemukan, berikut ada beberapa tips untuk mengatasinya:

1.Pilih makanan sehat.
Pilih dan konsumsi menu yang sehat, berserat tinggi, mengenyangkan, mempercepat metabolism tubuh dan sekaligus mengurangi lemak tubuh.

2.Awas karbohidrat.
Batasi makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi, kentang, singkong, ubi serta makanan dari terigu. Namun, bukan berarti menghilangkan asupan karbohidrat secara total karena tubuh tetap membutuhkan energy dari karbohidrat untuk memecah zat-zat makanan dalam proses metabolism.

3.Ambil sedikit-sedikit
Ambillah makanan pertama sedikit mungkin ke dalam piring. Tambah sedikit demi sedikit bila masih lapar. Cara ini dilakukan agar tidak merasa terpaksa harus menghabiskan makanan yang sudah berada di piring.  (sayang kan kalau makanan dibuang-buang…)

4.Konsumsi banyak air putih.
Minum air putih 3 liter per hari dan jika memungkinkan konsumsi pula air distilasi yang berguna untuk mengeluarkan sampah-sampah mineral yang tidak berguna dalam tubuh.

5.Disiplin mengatur pola makan dan olahraga.
Masukkan menu makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan. Sayuran membuat kita gampang kenyang, tahan lama dan rendah kalori. Rutin berolahraga misalnya 3 kali seminggu bisa membuat badan mengeluarkan banyak keringat dan melelahkan karena akan membakar lemak dalam tubuh kita.
(asalkan abis olahraga jangan langsung makan lho…)

6.hindari kadar gula dan lemak tinggi.
Hindari makanan berkadar gula dan lemak tinggi seperti cake, coklat, kue-kue, lemak hewan, susu full cream, mentega, jeroan dll
7.Tinggalkan meja makan setelah selesai.
Disarankan untuk segera meninggalkan meja makan setelah selesai dan jangan dilanjutkan dengan mengobrol. Itu untuk menghindari diri dari iseng atau keinginan ngemil dan mengambil makanan dari sana-sini sehingga tak terasa perut menjadi terlalu kenyang.

Ok, semoga tips-tips diatas bermanfaat untuk kalian semua….
Selamat mencoba!!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2011 Life, Healthy n Love. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates WP by Wpthemescreator