Google Website Translator Gadget

Sabtu, 06 Agustus 2011

Sejarah musik dan komponis dunia

          Sejak dulu music tidak lepas dari kehidupan manusia. Berabad-abad yang silam orang telah mengenal bunyi-bunyian. Pada periode jaman purba, suku-suku primitive telah mengenal aneka tetabuhan dan bunyi-bunyian untuk keperluan upacara dan ritual lainnya. Sampai sekian lamanya music akrab dengan kehidupan manusia tapi tak pernah ada yang menuliskannya.
          Pada awalnya music berdasarkan pada satu nada atau lagu. Kemudian beberapa nada digabungkan menjadi satu nyanyian atau sepotong music. Komponis pertama yang berhasil menggabungkan aneka nada adalah Palestrina dari Italia dan William Byrd dari Inggris.
          Pada babak berikutnya dari nada yang digabungkan tadi berkembang menjadi serangkaian music yang disebut opera, yaitu sebuah cerita yang diiringi music dan dipadu dengan dialog dan nyanyian. Atau kata lain opera adalah gabungan music dan kata yang dirangkai menjadi sebuah cerita.
          Komponis besar opera pertama adalah Monteverdi. Selanjutnya muncul komponis besar lainnya, seperti Purcell, Wagner, Verdi, Puccini, dan Richard Strauss. Kesenian ini berkembang pesat pada masa-masa kerajaan di Eropa sekitar abad ke-18. Jenis music ini juga tumbuh subur di lingkungan gereja.
          Karya music juga dapat berupa sebuah instrument music saja, atau dapat digabungkan dalam sebuah orchestra. Music orchestra juga disebut music klasik. Komponis besar music klasik adalah Sebastian Bach, Handel, Haydn, Mozart, dan Bethoven.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2011 Life, Healthy n Love. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates WP by Wpthemescreator