Google Website Translator Gadget

Rabu, 10 Agustus 2011

Komponis dan ahli musik dunia (II)

        Wolgang A.Mozart

          Komponis terhebat di dunia yang tetap hidup miskin adalah Wolgang Amadeus Mozart. Lahir di Salzburg, Austria tahun 1756. Sejak usia 5 tahun, Mozart kecil ikut tour music bersama ayahnya ke istana-istana di Eropa. Karya-karya musiknya orisinil, walau ia berkawan dekat dengan Hydn. Mozart mulai mengubah opera pada usia 12 tahun. Karyanya yang lain berupa simfoni, sonata, dan orkes. Salah satu simfoni terbesarnya “Symphony Of A Thousand” dimainkan tidak kurang 750 pemain. Karya terkenal lainnya seperti “Perkawinan Figaro” dan masih banyak lagi simfoni yang mempesona. Karya terakhirnya yang diciptakan sebelum ia meninggal adalah lagu “Misa Requim”. Peristiwa yang sangat mengharukan terjadi ketika sahabatnya mendapati sang maestro berdansa dengan istrinya hanya sekedar menghangatkan badan, karena tidak mampu menyalakan perapian. Ia meninggal dunia pada tahun 1791.

          Beethoven

          Pada usia yang masih sangat muda ia telah menjadi musikus handal. Ludwig van Beethoven, lahir di Bonn, Jerman pada tahun 1770. Ketika usianya 20 tahun ia pindah ke Wina. Ia mulai belajar pada Hydn. Lahirlah karya-karya simfoni, sonata dan nyanyian. Sampai pada akhirnya ia mengalami tuli, hingga tak dapat memainkan piano ketika konser. Karya terbaiknya menurut banyak orang adalah simfoni kesembilan sebagai gubahan terbaik. Ketika ia menggubah sebuah opera “Fidellio” ia benar-benar mengalami tuli total. Namun ia tetap menggubah dan memimpin konser, walau satu not pun ia tak dapat mendengarnya. Ia meninggal pada tahun 1827.

          Franz Schubert
          Schubert anak seorang guru, lahir di Austria tahun 1797. Ia mulai menggubah lagu pada usia 13 tahun. Pernah mencoba mengajar di sekolah ayahnya, tetapi ia tidak lama, karena ia tidak menyukai bidang itu. Kemudian beralih ke music, yang pada akhirnya ia memperoleh penghasilan yang lumayan dari music. Walaupun begitu belum bisa mengangkat kehidupannya yang miskin. Franz Schubert mencipta lagu yang sangat terkenal yaitu “Earl King. Lagu itu menceritakan perjuangan seorang ayah yang memeluk anak lelakinya sambil menunggang kuda dalam usahanya yang sia-sia menyelamatkan anaknya dari kematian. Karya Schubert yang lain berupa simfoni, tetapi lebih banyak berupa lagu-lagu yang dinyanyikan dengan piano. Ia meninggal pada usia yang masih muda 31 tahun.

          Frederic F. Chopin
          Karya Chopin kebanyakan untuk piano dan itu membuktikan dirinya pianis hebat. Nama lengkapnya Frederic Francois Chopin, lahir di Warsawa, Polandia tahun 1810. Karya-karya musiknya ceria dan riang seperti mazurka, warza dan polanise. Jenis music ini cocok untuk dansa, sangat berbeda dengan karakter pribadinya yang pemurung. Dia sangat mencintai negaranya, Polandia. Tetapi setelah usia 21tahun ia menetap di Paris sampai meninggal tahun 1849. Karya Chopin sangat berbeda dengan karya para komponis lain pada zamannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2011 Life, Healthy n Love. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates WP by Wpthemescreator